Selasa, 16 Juni 2009

SEPTICKTANK YANG BENAR

Knapa septicktank penuh wajib disedot...

Jasa tukang sedot septic tank di kota-kota besar paling murah adalah 200-300 ribu rupiah. Dan urusan sedot-menyedot ini bakal makin merepotkan bilamana septic tank sejak awal tidak dirancang secara baik sehingga memudahkan urusan penyedotan. Sudah begitu, seiring bertambahnya anggota keluarga, jarak atau waktu hingga septic tank menjadi penuh tentu makin pendek. Ngapain repot harus disedot?

Septic tank normal untuk keluarga kecil rata-rata berukuran 2 m3 berdinding bata dan semen. Ada juga yang berbentuk tabung semacam biofil. Nah, wadah kotoran ini dalam waktu kurang dari 3 tahun sejak dibuat umumnya sudah memerlukan penyedotan bila penghungi rumah berjumlah lebih dari 5 orang.

Sudah begitu, sedot tinja sering menimbulkan gangguan psikis bagi penghuni rumah terutama dalam hal selera makan. Belum lagi ketidaknyamanan dengan tetangga di kanan kiri rumah. Belum lagi bila lokasi rumah sulit dijangkau oleh kendaraan seukuran truk penyedot. Belum lagi waktu yang harus kita sisihkan untuk mengawasinya. Belum lagi ini itu yang lain. Pendek kata, serba merepotkan.

Septic tank sebagai penampung limbah organik sesungguhnya lebih mudah diolah dan dikelola karena kemampuan degradasi sampah organik ini sangat tergantung dari bakteri-bakteri yang berkembang di dalam tangki. Oleh karenanya, pendekatan yang sifatnya biologis sebenarnya dapat dilakukan sebelum pendekatan yang sifatnya fisik seperti menyedot tinja dilakukan.

Mikroba Probiotik

Pada industri makanan dan minuman, aneka jenis produk juga tersedia secara luas di pasaran untuk mempercepat proses degradasi limbah makanan di dalam tubuh. Minuman probiotik seperti Yakult, Vita Charm adalah contohnya. Minuman ini bekerja dengan menghasilkan bakteri yang disebut probiotik yang mempercepat proses degradasi makanan dan minuman ke dalam tubuh sehingga metabolisme dan proses pencernaan bisa berlangsung lebih sempurna.

Prinsip yang sama diterapkan dalam pengolahan limbah yang sudah keluar dari tubuh dan tertampung di septic tank. Buana Semesta Lestari, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan limbah dan air, meramu sebuah larutan berbahan nonkimiawi yang berfungsi untuk mempercepat proses degradasi limbah organik ini. Bila diaplikasikan pada septic tank, ia dapat mengggantikan penyedotan berkala sehingga menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah rumah tangga. Sekaligus juga mengurangi keribetan sana-sini yang diakibatkan oleh aktivitas penyedotan.

Prinsip kerja larutan ini didasarkan pada pembiakan bakteri mutualisme seperti lactobillus, sacharomyces, acetobacter, dan bakteri pengurai selulosa yang tidak bersifat racun dan menyebabkan penyakit, dan aman terhadap lingkungan.

Menurut Puji Santoso, salah satu staf Buana Semesta Lestari, produk ini sangat mudah digunakan. Dikemas dalam botol plastik berukuran satu liter, larutan ini tinggal dituang ke dalam lubang toilet dan akan bekerja efektif dalam waktu maksimal 8 jam. Puji menegaskan, selama proses bekerjanya, larutan ini memang sedikit menimbulkan bau tetapi bukan bau yang sampai mengganggu penghuni rumah atau tetangga. “Untuk menghindari terciumnya bau, sebaiknya larutan dituang pada malam hari setelah semua anggota tidur, sehingga pada pagi harinya bau sudah hilang,” kata Puji. Bila dibaui, larutan ini sendiri berbau seperti ragi.

Menggantikan Fungsi Sedot

Dengan menggunakan larutan ini, penyedotan rutin septic tank bisa tergantikan oleh cara ini. “Kalau biasanya penyedotan dilakukan 6 bulan, setiap 6 bulan pula larutan ini dituangkan. Kalau setahun, ya setiap tahun dituangnya,” papar Puji. Menurutnya, pengaplikasian larutan ini sangat tergantung dengan kondisi dan jumlah anggota keluarga di dalam rumah. Untuk asrama atau hotel, frekuensinya bisa lebih cepat.

Satu liter larutan ini dipasarkan dengan harga Rp 35 ribu. Sangat murah bila dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa tukang sedot. Sangat praktis bila dibandingkan dengan cara sedot konvensional. Dan sangat ramah lingkungan bila dibandingkan dengan larutan lain yang biasanya menggunakan larutan kimia.

Sayangnya, larutan ini belum terdistribusi secara merata dan luas. Buana Semesta Lestari malah menawarkan siapa saja yang tertarik untuk menjadi agen atau distributor. Bila kita ingin memesan, mereka melayani pemesanan langsung.

Larutan Multifungsi

Selain berfungsi untuk menggantikan sedot tinja, larutan ini juga memiliki kegunaan lain karena sifatnya yang organik (nonkimiawi). Menghilangkan bau adalah salah satunya. Caranya cukup mudah, yaitu melarutkan 30-100 ml larutan ini ke dalam satu liter air lalu disemprotkan ke area-area yang menghasilkan bau.

Kegunaan lainnya adalah untuk menetralkan limbah di lingkungan industri, rumah sakit, hotel, restoran dan sebagainya. Larutan ini akan menurunkan kadar COD (chemical oxygen demand) dan BOD (biological oxygen demand).

Yang tak kalah penting adalah, larutan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman hias di dalam rumah. Bakteri yang terkandung di dalam larutan ini akan membuat tanah menjadi lebih subur. Cara penggunaannya juga mudah, tinggal melarutkan 30-60 ml ke dalam seliter air dan kemudian disiramkan ke tanaman. Hindari konsentrasi larutan yang terlalu tinggi karena efeknya justru akan membuat tanaman “kepanasan” dan akhirnya layu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar